Menonton acara di televisi mungkin menjadi hobi bagi orang-orang yang
hanya menghabiskan waktu liburan di rumah. Begitu banyak acara yang
ditawarkan oleh stasiun televisi, mulai dari berita, acara kuis, acara
gosip, dan banyak lagi acara hiburan yang lainnya. Ketika acara yang ditonton
berlangsung, tentunya ada iklan-iklan yang menyelinginya. Iklan yang
menawarkan produk maupun jasa pada masyarakat luas. Sebenarnya, apa sih
gunanya iklan?
Iklan merupakan salah satu cara perusahaan industri untuk memperkenalkan
atau mempromosikan barang atau jasa tertentu. Tentunya harapan
perusahan tersebut adalah menarik minat konsumen untuk mencoba dan
membeli produk mereka. Harapan lebih lanjutnya adalah para konsumen terus membeli produk yang diiklankan, sehingga mereka mendapatkan laba yang semakin besar.
Dunia periklanan sering mengaitkan iklan yang mereka buat dengan perempuan, mulai dari model iklannya ataupun produk-produk yang ditawarkan. Misalnya, produk kecantikan seperti bedak, sabun wajah ataupun badan, lotion ataupun susu yang dapat membantu mengontrol berat badan. Oleh karena itu, perempuan sering dijadikan target pasar penjualan produk karena perempuan pada umumnya sangat mementingkan penampilan atau body image.
Faktor kedua mengapa perempuan sering dikaitkan dengan iklan, yaitu karena perempuan dianggap mampu menguatkan pesan iklan. Wanita dalam iklan dapat menambah daya tarik masyarakat untuk melihat atau bahkan menikmati iklan. Berdasarkan hasil penelitian, perempuan dan laki-laki lebih menyukai untuk melihat wajah cantik daripada wajah laki-laki.
Wahhh, menarik, yahh.. Apakah memang begitu, readers? :)
Wahhh, menarik, yahh.. Apakah memang begitu, readers? :)